Belajar secara efektif

Berikut video dari TED tentang prinsip belajar secara efektif, termasuk berlatih bahasa inggris…

Video di atas menunjukkan bahwa prinsp penguasaan sebuah ketrampilan adalah dengan berlatih……

Belajar dengan efektif

Bagaimana dengan bahasa Inggris ? Apakah selalu berlatih dengan teman?

  • Berlatihlah dengan mengungkapkan apapun gagasan Anda dalam tulisan. Tulisan akan selalu disana…..kecuali dijadikan pembungkus ikan asin he he….jadi bisa dilihat kembali terus dikoreksi….atau minta teman untuk mengoreksi
  • Berlatihlah dengan mengungkapkan gagasan dalam bahasa Inggris di pikiran!!!!!!!! Daripada ngedumel di hati dengan ngomong :”Duh…saya lupa mengerjakan PR” mengapa tidak mencoba dengan ngomong dalam hati “OMG. I forget to do my homework!”. Sebaiknya di batin aja….kalau kecelposan ngomong nanti fatal akibatnya : ada orang ngomong sendiri….dalam bahasa inggris lageeee!!!
  • Mulailah lebih fokus pada ekplorasi pola kalimat, bukan pada TENSES. Semua pengungkapan¬† gagasan bermula dari struktur kalimat karena pada dasarnya kalimat merupakan unit bahasa terkecil yang memuat arti lengkap. Di sana terdapat hubungan antara jenis kata : kata kerja, kata benda, kata sifat, kata keterangan dsb dalam mengisi “ruang” dalam pola kalimat. Selanjutnya kita mesti mengembangkan komponen kalimat tsb dari kata ke frase dan anak kalimat. Di sisi lain, tenses lebih menekankan pada “posisi” kata kerja ketika digunakan pada waktu yang berbeda : lampau, sekarang dan mendatang. Baik struktur kalimat maupun tense berpotensi menimbulkan kesalahpahaman dalam komunikasi. Namun, kesalahan struktur kalimat dapat berakibat lebih “fatal”. Kesalahan tense biasanya masih dimaklumi sebagai keterbatasan kita dalam pemahaman sisi kata kerja tersebut.
  • Komponen bahasa lain yang sangat vital adalah kosa kata. Banyak cara yang dianjurkan untuk meningkatkan kosa kata namun yang paling penting adalah “menggunakan ” kosa kata tersebut. Dalam hal ini kita mengenal istilah “corpus” yaitu daftar kata mendasar yang paling sering digunakan. Padukan peningkatan kosa kata dalam lingkup jenis kata (derivatives) sehingga anda belajar sebuah kata dalam kaitan dengan kata lain yang masih satu “keluarga”. Misal : success (kata benda), succeed(kata kerja), successful(kata sifat), successfuly(kata keterangan). Gunakan kamus, manfaatkan fasilitas “synonym di microsoft word”………………. yang terbaru: ketik kata tertentu di bilah pencarian internet dan mbah Google tercinta siap membantu!!!!

Semoga video ini dapat membantu anda belajar secara efektif

Untuk variasi aksen, silakan kunjungi https://liasemarang.com/2018/10/15/do-you-understand-english/