Mengapa placement test?

Placement Test

Placement Test adalah tes untuk menempatkan siswa ke dalam level/tingkat sesuai dengan kemampuan siswa

Hasil Placement test sangat berguna bagi pengelompokkan siswa dan pemetaan siswa bagi guru LIA Imam Bonjol/Tembalang. Apabila siswa mendapatkan level yang tidak sesuai (terlalu rendah atau tinggi) maka hal ini akan sedikit banyak mengganggu proses belajar mengajar

Bila Anda  berpendapat bahwa tes ini tidak perlu karena ingin mulai dari level paling dasar, pendapat ini kurang bijak. Percayalah pada kemampuan Anda sendiri. Kemampuan tersebut tinggal dipoles dan dikembangkan. Apabila kemampuan Anda jauh di atas siswa lain di level dasar maka pengembangan kemampuan anda tidak efektif-menghamburkan waktu dan biaya. Di sisi lain, Anda akan membuat kelas menjadi heterogen dan hal ini akan menyulitkan guru karena dominasi siswa paling pintar tersebut.

Pada program Preparation Course for the TOEFL, tes ini bersifat menyeleksi dengan pengertian bahwa apabila skor Anda belum memenuhi cut-off skor untuk Level 1, sebaiknya Anda mengikuti program English for Adults dulu. Hal ini kami anjurkan agar Anda mampu mengikuti pembelajaran dengan lebih baik. Tes TOEFL digunakan untuk memperoleh gambaran kemampuan bahasa Inggris seseorang. Apabila kemampuan umum belum memadai maka   Anda akan menghadapi kesulitan dalam mengerjakan TOEFL. Atau Anda hanya belajar untuk tes BUKAN untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Hal yang sama berlaku untuk Preparation Course for the IELTS. Siswa diharapkan mencapai skor minimal 4 (dari maksimal 9) agar mampu menyerap materi persiapan IELTS.