lia NICE 2019: CARA BELAJAR TERBARU LIA !

LIA NICE 2019 merupakan paradigma baru yang diperkenalkan sebagai jawaban atas tantangan menghadapi perubahan cara belajar siswa, utamanya untuk mengakomodasi siswa milenial

MENGAPA?

Manusia berkembang secara terus menerus dalam gerbong generasi yang datang silih berganti. Tiap generasi tumbuh dan berkembang dalam seting waktu, tempat dan kondisi yang berbeda. Hal inilah yang menjadi dasar adanya “generation gap”(perbedaan generasi)

Beberapa ahli menggolongkan manusia menjadi beberapa generasi, antara lain:

lia-nice-baby-boomers
Generasi sebelum generasi “founder”
lia-nice-generasi-x
generasi-y
generasi-z

Masing masing generasi memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan perubahan yang terjadi seiring lajunya waktu. Beberapa pertanyaan ini mungkin dapat menjadi checklist di generasi mana Anda berada. Apakah Anda mengalami masa ketika:

  • TV hanya ada satu buah di satu kecamatan dan hanya TV hitam putih dengan sumber energi dari accu ( kalau habis layar akan mengecil, lalu menggulung ke atas dengan cepat?
  • Makan nasi jagung, bulgur?
  • Bermain petak umpet, jamuran, kelereng, karet gelang, mandi di sungai?
  • Belajar dengan papan tulis hitam dan kapur tulis? Pelajaran mencatat beberapa halaman karena hanya ada satu buku sumber?
  • Komputer dengan DOS, disket, program wordstar, D-base?Tanpa internet sama sekali?
  • Menelpon dari boks telpon umum, Wartel?

Penasaran bagaimana rasanya? Masih panjang daftar pertanyaan yang Anda (tidak) alami mengingat Anda berada pada titik waktu yang berbeda. Hal sama juga dapat Anda lakukan: membuat daftar pertanyaan untuk generasi Alpha (berumur sekitar 7 tahun saat ini).

Perbedaan generasi ini menghasilkan perbedaan cara belajar. Hal ini menjadi sebuah tantangan yang tidak dapat dielakkan dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan mau tidak mau harus selalu sigap menyesuaikan dengan karakter dan kebutuhan belajar siswa.

LIA menanggapi “tantangan” tersebut sebagai sebuah ”kesempatan”, utamanya untuk mengakomodasi Gen Z dan Gen Alpha.  Inilah kesempatan dan pilihan yang harus diambil LIA untuk mengakomodasi cara belajar “kid jaman now”.

LIA NICE

lia-nice

Dari sinilah lahir sistim pembelajaran baru LIA yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai Juli 2019. Selamat datang LIA NiCE(Nine Core Elements)….Semoga Tuhan memberkati kita semua.