LEC 2018

llia semarang lec ec performance
performance by ec lia imam bonjol

” Hey you come out and run

Let’s have some fun in the Rising Sun

let’s learn together and be happier

hi friends it’s really time to break the line to make it fine

move! Go! to the right place and then..

be the best!

LIA the excellent place

the real window to open the world

LIA, Where I can fly on cloud so high, to reach the sky

the Leading learning institution in Indonesia

dedicated to quality education”

Jingle LIA yang ceria menyambut kedatangan para peserta LIA English Competition (LEC) beserta para pengantar mereka di LB LIA Imam Bonjol pada tanggal 26 Agustus 2018 yang lalu. Ya, ini adalah kali ketiga LIA mengadakan event tahunan yang diikuti siswa LIA maupun siswa dari luar LIA . Topik besar yang diusung LIA untuk LEC 2018 ini adalah “Indonesian Traditional Games”, kemudian dibagi menjadi 3 tema, yang menandakan topik untuk masing-masing jenis lomba.

Jenis lomba yang pertama adalah “Show and Tell”, dimana peserta akan menunjukkan sesuatu, bisa berupa gambar maupun alat peraga dan kemudian menceritakan apa yang mereka tunjukkan dengan mengusung tema: “My favorite Traditional Game”. Jenis lomba ini diikuti oleh siswa-siswa EC (English for Children), setara siswa Sekolah Dasar (SD), yang kemudian dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Little EC (EC 1-3) dan Big EC (EC 4-6) dimana masing-masing kategori akan diambil 3 pemenang. Kategori Little EC diikuti oleh 10 peserta, sedangkan untuk kategori Big EC diikuti oleh 27 peserta.

Jenis lomba yang kedua adalah “Story telling”, dimana peserta akan mendeskripsikan sesuatu dengan menggunakan alat peraga maupun Powerpoint. Jenis lomba ini mengusung tema: “My Experience in Playing Indonesian Traditional Game” dan diikuti oleh siswa-siswa ET (English for Teens), setara siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga diikuti siswa-siswa SMP dari luar LIA. Kategori ini diikuti oleh 14 peserta, dimana dari 14 peserta tersebut akan diambil 3 pemenang.

Jenis lomba yang terakhir adalah “Pecha Kucha Presentation”, yaitu presentasi dengan menggunakan Powerpoint, yang penggunaan slidenya dibatasi hanya sampai 20 slides dan masing-masing slide harus disampaikan dalam waktu 20 detik saja. Tema untuk jenis lomba ini adalah: “My suggestions in Preserving Indonesian Traditional Games”. Lomba ini diikuti oleh siswa-siswa EA (English for Adults), CV (Conversation Class), maupun TP (TOEFL Preparation). 3 pemenang juga akan diambil dari kategori ini.

Seperti layaknya event besar, LEC juga didukung oleh sponsor. Sponsor yang berpartisipasi dalam event ini adalah Bank Bukopin, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Sosro, dan Percetakan Lintang. Mereka telah menyumbangkan banyak sekali merchandise yang digunakan sebagai doorprize dalam event ini.

Disamping partisipasi siswa dalam lomba, siswa juga menunjukkan dukungan mereka dalam bentuk yang lain, yaitu menampilkan pertunjukan di atas panggung; seperti Cublak-cublak Suweng (Indonesian Traditional Games) Performance oleh Kelas EC 4, Tari tradisional Jawa berjudul “Merak Gandrung” oleh Kayana Danur Dara, siswa EC 6, Modern Dance oleh Talitha Lintang, siswa EC 6, dan Popping Dance yang ditampilkan oleh Andhika Rizki Prasetya dari kelas CV 1 Tembalang. Selain pertunjukan di atas panggung, siswa menunjukkan dukungannya dengan membuka booth untuk menjual berbagai macam barang, dari makanan, minuman, sampai slime dan kerajinan tangan. Booth tersebut dipersembahkan oleh kelas EC 6, ET 3, HI 1, CV 2, dan TP 1. Salah satu sponsor, PT. Sosro, juga membuka booth pada event ini.

 

“Inti dari kompetisi adalah bukan untuk mencari pemenang, tapi bagaimana kita bisa “berkompetisi” dengan diri sendiri agar berani tampil di depan umum”

Demikianlah pesan dari Kepala Cabang LB LIA IMAM BONJOL, Drs. Ignatius Aristiyono yang sekaligus menandakan dimulainya rangkaian acara LEC 2018 ini. Tak lupa, Ketua Panitia LEC 2018, Ms. Yuli Rochmawati juga memberikan kata sambutan yang intinya mengucapkan selamat datang kepada semua peserta dan para pengantar mereka, serta memberikan penjelasan tentang jenis-jenis lomba pada event ini.

Satu-persatu lomba diselesaikan dan nama-nama pemenang mulai diumumkan. Dimulai dari pemenang Show and Tell Little EC, yaitu juara 1 Cristiano Himawan Pranoto, juara 2 Kresentia Cherylle P., juara 3 Latieffa Putri Namira, kemudian pemenang Show and Tell Big EC, yaitu juara 1 Reynard Gotardo Putra, juara 2 Tasya Aurelia, dan juara 3 Naresha Claudia. Pemenang lomba Story Telling adalah juara 1 Gizkaila Albinafara, juara 2 Glorious Shane, dan juara 3 Khalisna Citra Dhea.

LEC 2018 ditutup dengan pengumuman pemenang Pecha Kucha, yaitu juara 1 Khansa Allya, Juara 2 Awaludina Khoirunisa, dan juara 3 Fairuz Mahardhika.

Selamat kepada para pemenang, terima kasih kepada seluruh peserta yang telah meramaikan LEC 2018, kepada seluruh panitia dan seluruh personil kebersihan serta keamanan yang telah membantu mensukseskan event ini.

Sampai bertemu kembali di LEC 2019!

Sings:

“LIA, the excellent place

the real window to open the world

LIA, Where I can fly on cloud so high, to reach the sky

the Leading learning institution in Indonesia

dedicated to quality education….”